• Jelajahi

    Copyright © Tebar News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Sports

    Orangtua Bersemangat, Anak-Anak Senang Selama MPLS di SD Negeri Borong

    Tebar News
    15/07/2023, 6:02 PM WIB Last Updated 2023-07-15T10:12:52Z

    FOTO: ISTIMEWA/HANDOVER
    Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SD Negeri Borong, Kota Makassar.
     

    TEBARNEWS.COM, MAKASSAR - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) penting bagi anak-anak bukan saja untuk mengenalkan sekolahnya tapi juga bagi pendidikan karakter. Pelaksanaan MPLS ini diharapkan akan mendukung proses pembelajaran yang sesuai tujuan pendidikan. 


    Kegiatan MPLS itu mesti bersifat edukatif dan kreatif. Tujuannya, untuk memberi kesan positif pada anak, sekaligus mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang ramah. Melalui MPLS, anak diperkenalkan pada lingkungan sekolah, prasarananya, program-program yang dikembangkan, serta para pendidik dan tenaga kependidikan.


    "Alhamdulillah, orangtua antusias melihat anak-anaknya mengikuti MPLS. Mereka datang sejak hari pertama sampai hari ketiga," ungkap Neny Wahyuni Wahab, S.Pd, melalui pesan WhatsApp, Jumat, 14 Juli 2023.


    Bu Uni, begitu guru kelas 1 SD Negeri Borong akrab disapa, melanjutkan bahwa orangtua bukan hanya mengantarkan anaknya ke sekolah, mereka bahkan menunggu anaknya hingga pulang.


    Pembukaan MPLS di sekolah yang berada di Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar itu, ditandai dengan pelepasan balon warna merah putih. 



    Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Drs Hj Hendriati Sabir, M.Pd, memimpin langsung acara pembukaan tersebut. Hendriati Sabir memberikan apresiasi atas rancangan kegiatan MPLS yang dibuat. Juga keterlibatan guru-guru dan semua pihak yang menyukseskan kegiatan MPLS yang berlangsung selama 3 hari, mulai Senin-Rabu, tanggal 10-12 Juli 2023.


    MPLS di SD Negeri Borong punya beberapa rangkaian kegiatan. Pada hari pertama, pembukaan MPLS oleh Kepala Sekolah, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila. Kemudian games edukatif dan kreatif untuk perkenalan guru dan siswa dan ice breaking.


    Pad hari kedua, menampilkan video profil sekolah, lalu anak-anak diajak melakukan building tour atau mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di lingkungan sekolah. Anak-anak diajak melihat Perpustakaan Gerbang Ilmu, kantin sekolah, ruang kelas dan ruang guru. Saat tur yang dibagi atas 3 kelolpok ini, mereka didampingi oleh Evawaty Bahtiar, SP.d, Rosmiaty, S.Pd.I, dan Elyda Alawiah Mahmud. Pada hari kedua ini, juga ada games sambung-menyambung menyanyikan lagu Hari Pertama Sekolah.


    Keriangan murid-murid kelas 1 di sekolah ini berlanjut pada hari ketiga. Ada kegiatan senam bersama Guruku Tersayang dan games edukatif. Untuk membangun kebersamaan, diadakan pula makan bersama, pada akhir kegiatan.b

     

    Khusus di hari keempat, kata Bu Uni, ada reward kecilan bagi peserta didik baru. Penghargaan diberikan bagi topi MPLS dan ID card yang dinilai terunik dan terfavorit. Ada 10 besar topi MPLS terunik dan terfavorit, yang dibuat berbentuk kerucut dan warna-warni cerah, dan motif menarik. (rt/ril*)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini